• Jul

    02

    2020
  • 55
  • 0

Cara Mengelas Plat Tipis Agar Tidak Bolong

ika Anda tukang las atau seseorang yang ingin tahu tentang usaha bengkel las yang berada di pinggir jalan atau pengelasan kanopi, pagar dan yang lainnya. Maka Anda perlu tahu tentang cara mengelas pelat tipis, hal tersebut dikarenakan material yang digunakan mempunyai ketebalan antara 1-5 mm. Pada pengelasan dengan tebal tersebut rawan terjadi lubang jika kita salah dalam cara mengatur ampere pada mesin las.

1. Gunakan Ampere Kecil.

Ampere las adalah salah satu factor penting dalam tenik pengelasan, karena peningkatan arus akan mempengaruhi peningkatan panas yang masuk ke daerah lasan. Sehingga gunakan Ampere yang tidak terlalu tinggi, saran Admin gunakan arus las sekitar 40 A – 60 A. Agar terjadinya bolong pada benda kerja dapat dihindari dan hasilnya bagus.

2. Gunakan Diameter Elektroda Kecil.

Diameter elektroda merupakan parameter pengelasan yang juga perlu diperhatikan, hal ini dikarenakan semakin kecil diameter kawat las yang digunakan maka arus yang digunakan juga semakin kecil. Jika Anda mengelas pelat tipis maka disarankan menggunakan diameter elektroda 1,2, 2.0 mm atau 2.6 mm, pemilihan diameter juga dapat menyesuaikan dengan deposit las yang Anda inginkan.

3. Jangan Mengelas secara Kontinyu.

Untuk menghindari terjadinya lubang saat mengelas pelat tipis, maka Anda harus menghindari mengelas secara kontinyu atau terus menerus. Caranya mengelas beberapa detik kemudian matikan, kemudian ngelas lagi dan matikan lagi, lakukan hal tersebut hingga selesai. Dengan mengelas nyala kemudian mati secara bergantian akan membuat masukan panas ke material sedikit dikurangi karena material mempunyai kesempatan untuk dingin saat busur las mati.

4. Mengelas dengan Cepat

Dalam mengelas besi hollow Anda harus mengelas dengan cepat, hal ini bertujuan untuk mengurangi masukan panas yang berlebih pada material. Sehingga dapat menghindari terjadinya lubang, atau Anda dapat mencoba parameter lasnya di besi hollow yang tidak dipakai. Jika sudah sesuai maka Anda dapat mengelas langsung pada material kerja.

6. Melakukan Latihan Pengelasan Secara Rutin.

Mengelas merupakan suatu kemampuan yang perlu dilatih secara rutin. Jika sudah rutin maka kita akan terbiasa, kemampuan terus meningkat dan mendapatkan parameter las yang sesuai dengan kriteria kita. Oleh karena itu jika Anda ingin mampu mengelas pelat tipis dengan baik, maka lakukan latihan secara rutin.

TULIS KOMENTAR

0 KOMENTAR

HUBUNGI KAMI

Untuk Pemesanan dan Pemasangan Dapat menghubungi kami

CHAT VIA WA
Latest Posts
Kategori
Tags
  • Telp/SMS
    0811 2205 544

  • Alamat
    Jl. PRABU GAJAH AGUNG - BY PASS (SAMPING ASIA PLAZA SUMEDANG)

Tentang Kami

SIMPATI BERKAH BAJA adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan jasa yang melayani konsumen perorangan, perusahaan kecil, menengah, dan besar, baik swasta maupun pemerintahan. Kami menyediakan solusi bisnis yang inovatif kepada perusahaan yang menjadi mitra kami yang mana kami selalu mengutamakan mutu dan pelayanan prima serta kepercayaan demi kelangsungan bisnis yang harmonis dan berkelanjutan.

Follow Sosial Media
© Copyright 2020 Toko Simpati Berkah Baja